Rabu, 10 Februari 2010

SERBA TIGA UPDATE

SERBA TIGA
1.TIGA CIRI. “Orang yang riya berciri TIGA, yakni apabila di hadapan orang dia giat tapi bila sendirian dia malas, dan selalu ingin mendapat pujian dalam segala urusan. Sedangkan orang munafik ada tiga tanda yakni apabila berbicara bohong, bila berjanji tidak ditepati, dan bila diamanati dia berkhianat”. (HR. Ibnu Babawih).

2. TIGA JENIS. “Ada TIGA jenis orang yang diharamkan Allah masuk surga, yaitu pemabuk berat, pendurhaka terhadap kedua orang tua, dan orang yang merelakan kejahatan berlaku dalam keluarganya (artinya, merelakan isteri atau anak perempuannya berbuat serong atau zina)”. (HR. An-Nasaa'i dan Ahmad)

3. TIGA PERSOALAN “Sesungguhnya persoalan-persoalan itu ada TIGA macam, yaitu persoalan yang jelas bagimu kebenarannya maka ikutilah, persoalan yang jelas bagimu sesatnya maka jauhilah, dan persoalan yang terdapat perselisihan di dalamnya maka serahkanlah (kembalikan penentuan hukumnya) kepada yang alim” (ilmuwan). (HR. Ath-Thabrani)

4.TIGA PERKARA “Ada TIGA perkara yang membinasakan yaitu hawa nafsu yang dituruti, kekikiran yang dipatuhi, dan seorang yang membanggakan dirinya sendiri”. (HR. Ath-Thabrani dan Anas)

5. TIGA AMALAN “Apabila anak Adam wafat putuslah amalnya kecuali TIGA hal yaitu sodaqoh jariyah, pengajaran dan penyebaran ilmu yang dimanfaatkannya untuk orang lain, dan anak (baik laki-laki maupun perempuan) yang mendoakannya”. (HR. Muslim)

6. TIGA SIFAT “Tidaklah seharusnya orang menyuruh yang ma'ruf dan mencegah yang mungkar kecuali memiliki TIGA sifat, yakni lemah-lembut dalam menyuruh dan dalam melarang (mencegah), mengerti apa yang harus dilarang dan adil terhadap apa yang harus dilarang”. (HR. Ad-Dailami)

7.TIGA DO’A. "Tiga doa yang mustajab (didengar oleh Allah) yang tidak ada keraguan lagi di dalamnya; Doa orang yang terdzalimi, doa seorang musafir dan doa orang tua untuk anaknya." (HR. Tirmidzi. Kitab Tuhfatul Akhwadzi, Hadits nomor 1828).

8.TIGA CIRI ORG MUNAFIK. "Tanda orang-orang munafik itu ada tiga keadaan. Pertama, apabila berkata-kata ia berdusta. Kedua, apabila berjanji ia mengingkari. Ketiga, apabila diberikan amanah (kepercayaan) ia mengkhianatinya".(Hadist Riwayat Bukhari dan Muslim).

http://www.facebook.com/adealam.fesbuk?v=feed&story_fbid=298231747725&ref=mf#!/notes/muhammad-khanif/serba-tiga-update/296581511540

Tidak ada komentar:

Posting Komentar