Jumat, 05 Maret 2010

Hentikan mengunggah(meng-upload) dan menempelkan (menge-tag) foto ukhti di faceboo




”oopsssss, astaghfirullah” itulah kata yang terucap seorang ukhti ketika terkejut melihat album foto di facebooknya yang bertambah satu foto yaitu foto-foto kenangan lama di organisasi SMA-nya, padahal al-ukh ketika SMA belum berhijab. Astaghfirullah, betapa merahnya muka dan hati sang ukhti, bercampur rasa marah, malu dan bingung melihat potretnya dulu ketika masa-masa jahiliyahnya, auratnya belum tertutupi dan dipublish di dunia maya, yang semua orang bisa melihat... astaghfirullah!

Kejadian di atas mungkin saja terjadi pada anda... langsung saja, kami ingin memberikan beberapa rekomendasi kepada ikhwah semua

Untuk ukhti

- coba periksa album foto anda, jangan-jangan kejadian yang sama terjadi pada anda!
- begitupun periksa, apakah ada foto close up ukhti, atau foto yang tidak akhsan dipublish di dunia maya.

- jika ada, hapuslah segera!! Jangan takut ”gak enak ama teman yang ngetag”, ukhti jangan karena antuna toleran ama dia, tetapi ukhti tidak toleran ama diri ukhti sendiri.

- kemudian antuna harus bersikap ’tegas’ kepada teman-teman ukhti, baik ikhwan ataupun akhwat, bahwa ukhti tidak senang kalau ada orang yang sembarangan mengunggah dan menempelkan foto itu. Ukhti jangan takut ”tidak enak hati” kepada teman kita, Insya Allah jika ukhti beri penjelasan, teman-teman kita paham.

- hehe ini yang sulit, mungkin ada sifat ”narsis”di diri kita, jadi siap berpose jika ada kamera. Hmm, kita harus berbenah nih, karena kita kan akhwat muslimah. Setidak-tidaknya kita pilah pilih, siapa saja, acara apa, organisasi apa, yang ”boleh” mengambil potret kita.

Untuk semua

- jika ingin mentransfer foto ukhti, atau foto kenangan, sebisa mungkin jangan lewat facebook, memang kami akui lewat facebook lebih cepat dan praktis, ketimbang email. Tapi bukankah mencegah lebih baik daripada mengobati??

Hmm, terkesannya akhwt terus ya yang jadi ”objek”. Oopss, ukhti ini bukan bentuk ”pengekangan” tetapi ”perhatian”, karena wanita ingin dimengerti...bener kan iya kan iya donk.. maaf jika dalam tulisan ini tidak berkenan di hati anda, kita sama-sama belajar, yang benar datang dari Allah, dan jangan pernah ragu untuk mengikutinya!!! Dan yang salah dari kami pribadi, mohon maklumi. Wallahu A’lam | 


http://www.facebook.com/home.php?#!/group.php?gid=261443455278&ref=ts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar