Senin, 22 Maret 2010

KEMULIAAN ILMU ATAS HARTA



1. ilmu adalah warisan para nabi, sedang harta adalah warisan raja dan orang kaya 
2. ilmu itu menjaga yang punya, sedang pemilik harta menjaga hartanya 
3. ilmu adalah penguasa atas harat, sedang harta tidak berkuasa atas ilmu 
4. harta bisa habis dengan sebab dibelanjakan, sedang ilmu justru bertambah dengan di ajarkan 
5. pemilik harta jika telah meninggal dunia, ia berpisah dengan hartanya, sedang ilmu mengiringi masuk kedalam kubur bersama para pemiliknya 
6. harta bisa didapatkan siapa saja baik orang beriman, kfir, orang salih ato jahat, sedang ILMU BERMANFAAT HANYA DIDAPAT ORANG BERIMAN SAJA. 
7. "SESUNGGUHNYA JIWA MENJADI LEBIH MULIA DAN BERSIH DENGAN MENDAPATKAN ILMU, ITULAH KESEMPURNAAN DIRINYA DAN KEMULIANNYA. 
SEDANG HARTA, IA TIDAK MEMBERSIHKAN DIRINYA, TIDAK PULA MENAMBAHKAN SIFAT KESEMPURNAAN DIRINYA, MALAH JIWANYA MENJADI BERKURANG DAN KIKIR DENGAN MENGUMPULKAN HARTA DAN MENGINGINKANNYA. 
JADI KEINGINANNYA KEPADA ILMU ADALAH INTI KESEMPURNAANNYA DAN KEINGINANNYA KEPADA HARTA ADALAH KETIDAKSEMPURNAAN DIRINYA!! 
8. sesungguhnya mencari ilmu dan mencintainya adalah akar ketaatan, sedang cinta harta dan dunia adalah akar kesesatan 
9.sesungguhnya orang berilmu mengajak manusia kepada ALLAH SAW Dengan ilmunya dan akhlaknya, sedang orang kaya itu mengajak manusia keneraka dengan harat dan sikapnya 
10. sesengguhnya yang dihasilkan dengan kekayaan harta adalah kelezatan binatang,jika pemiliknya mencari kelezatan dengan mengumpulkannya, itulah kelezatan ilusi. 
jika pemiliknya mengumpulkan dengan menggunakannya untuk memenuhi kebutuhan syahwatnya itulah kelezatan binatang. 
sedang kelezatan ilmu, ia adalah kelezatan akal plus ruhani yang mirip dengan kelezatan malaikat dan kegembiraan mereka, anatara kedua kelezatan tsb(kelezatan harta dan ilmu)terdapat perbedaan yang mencolok. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar