Rabu, 26 Mei 2010

Mau tahu 10 Tipe Orang Menyebalkan? simak yuk....

Mungkin judulnya rada 'kasar' ya ? Tapi mau bagaimana lagi menggambarkannya ? Bukankah ada tipe orang-orang tertentu yang pada satu atau lain waktu bikin kita sebal dengan cara-cara khasnya ? Sedihnya kita bisa menemukannya dimana saja, bahkan (na'udzubillahi min dzalik) saya atau anda termasuk orang yang menyebalkan di mata orang lain. Nah, untuk menghindarinya kita perlu kenap apa saja kesepuluh tipe orang menyebalkan ini.

Dr. Rick Brinkman dan Dr. Rick Krischner dalam bukunya Dealing with People You Can't Stand : How to Bring Out the Best in People at Their Worst menyebutkan kesepuluh tipe tersebut sebagai berikut :

1. The Tank

Seperti tank, dia akan "bergemuruh" membuat semua orang takut mendengar kedatangannya. Apalagi ketika dia akan menemukan korbannya. Seluruh kata kotor dan sumpah serapah bisa keluar dari mulutnya, biarpun mungkin dalam keseharian orang ini tampak kalem dan sopan santun. Kemarahannya meledak bisa sekali, lalu reda, tapi bisa pula berkali-kali hingga kehabisan kata/ide untuk menyerang lagi.

Tank suka konfrontasi, kemarahannya terarah pada si korban secara membabi buta, sifatnya mendesak dan agresif.

2. The Sniper

Persis spt sniper yang licik tapi jika sasarannya tepat bisa melucuti pertahanan si korban bahkan membunuhnya, maka tipe ini bisa bikin sebal dari comment-nya yang kasar, sarkasme, menjatuhkan, menyindir, menghina, menertawakan atau apapun bentuknya dengan tujuan membuat anda tampak bodoh dan tak tahu apa-apa.


3. The Grenade

Seperti geranat, tipe ini menahan kejengkelannya dalam diam selama beberapa saat, tetapi bisa meledak tiba-tiba hanya karena hal sepele saja biarpun tak ada hubungannya dengan masalah yang sesungguhnya pada saat itu. Ledakannya tidak terfokus, 'pecahannya' kemana-mana.

4. The Know It All

Orang tipe ini merasa gatal / terusik jika ada sesuatu yang menurut cara pandang dia kurang tepat. Namun ketika kita berusaha meluruskannya bukannya dia mau menerima, tetapi dia malah menyerang lagi. Tujuannya satu : menyalahkan anda apapun alasan anda !! Dengan kata lain, dia mencari Pembenaran dan andalah yang salah.

5. The Think They Know it All alias Sok Pinter

Orang tipe ini sering membuat orang lain terkagum-kagum karena cara dia menjatuhkan anda disertai bukti-bukti yang jika semua orang mau menyelidikinya, bukti-bukti itu tidak cukup untuk menjatuhkan pertahanan anda, alias aspal (asli tapi palsu). Tujuannya adalah mencari perhatian. Susahnya, karena dia "tampak pinter" kita bisa keliru menganggap dia sebagai tipe no.4 yaitu The Know It All.


6. The Yes Person

Tipe ini tak mau banyak bicara, biasanya selalu setuju atau tak menolak apapun yang ditugaskan orang lain. Tujuannya sebetulnya baik : agar tidak ada konfrontasi dan untuk menyenangkan orang lain. Tapi sayangnya, seringkali dia 'terpaksa' mengiyakan permintaan orang lain, padahal dia tahu bahwa dia tidak mampu mengerjakannya. Akibatnya, ketika deadline tiba, orang yang meminta pertolongan bakal marah besar ketika tahu apa yang terjadi.


7. The Maybe Person

Orang ini suka menunda keputusan dengan harapan pilihan terbaik akan datang ketika saatnya tiba. Dia tidak mengiyakan, tapi juga tidak menolak. Contoh paling gampang adalah cowok-cowok yang menggantungkan ceweknya, mau nikah atau nggak, akhirnya si cewek merasa bimbang. Jika ditunggu, kok belum ada tanda-tanda akan menikah; tapi jika ditinggal, si cewek merasa bersalah dan sudah kadung cinta.


8. The Nothing Person

Orang ini bikin sebal karena kita tidak bisa tahu apa yang ada dalam pikiran dia. Jika ditanya suka menjawab, " Gak tau". Bahasa verbal ataupun non verbal hasilnya sama : nothing.


9. The No Person

Orang ini pesimis sekali dan bisa membuat kita jadi down ketika kita semangat. Jika kita sampaikan suatu ide, belum apa-apa dia akan berkata " Buat apa...gak bakal bisa jalan deh. Lupain aja ",dsb. Dengan kata lain semuanya NO !!! Yang menjengkelkan kadangkala kepesimisan dia ini begitu meyakinkan sehingga ide kita bisa tampak bodoh dan bisa jadi dia dengan sinis akan menjatuhkan kita sebagai si pencetus ide.


10. The Whiner

Orang ini suka sekali mengeluh. Semuanya dikeluhkan. Itu yang dia sukai. Seakan dalam hidup dia tak pernah bahagia. Hal terkecil hingga terbesar semuanya pasti dia lihat cacat/kekurangannya, sehingga dia lupa bahwa ada hal positif dari segala kejadian. Masalahnya, Misery loves company, jadi dia akan mengeluh dan membawa problemnya kepada orang disekitarnya. Jika anda menawarkan solusi, malah keluhannya akan menjadi-jadi. Sebel kan ?

Nah, apakah kita termasuk org yang menyebalkan bagi teman-teman kita? atau mungki disekeliling kita ada orang yang neyebelin? mari kita saling menasehati, semoga bermanfaat ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar