Jumat, 25 Juni 2010

Seberapa penting Shalat Berjama'ah??

Adalah Umar bin Khattab dan Ali radhiyallahu ‘anhumma, membangunkan orang-orang untuk Shalat Fajar dan itu dilakukan di negeri Arab sampai saat ini. Syaikh Abdurrahman bin Hasan rahimahullah , menyebutkan, mengacu pada kitab Ad-Durur as-Saniyyah,”Seorang pemimpin harus mencari pendudukannya di masjid, sampai ia tahu siapa yang tidak melakukan shalat di masjid dan siapa orang yang mengganggap remeh shalat di masjid, lalu ia juga memilih masyarakat untuk menjadi utusannya yang menghimpun shalat bejamaah di berbagai tempat.

Dalam fatwa Komisi Fatwa Ulama, Lajnah Daimah di Saudi disebutkan pula manfaat shalat berjamaah, di antaranya:
Pertama. Seseorang terlepas dari sikap nifaq. Sebagaimana firman Allah Subhana Wa Ta’ala,”sesungguhnya yang memakmurkan masjid-masjid Allah adalah yang beriman pada Allah, hari akhir, dan mendirikan shalat serta membayar zakat” (QS At-taubah 18).

Kedua. Orang yang Shalat Berjamaah akan dijauhi oleh setan sebagaimana sabda Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam, “Tidakkah ada dari tiga orang dalam satu kampung, yang tidak mendirikan shalat disana, kecuali ia akan diterkam oleh setan. Maka hendaklah kalian berjamaah, sebab sesungguhnya serigala akan menerkam kambing yang terpisah dari teman-temannya” (HR Ahmad, Abu Daud dan An-Nasai)

Ketiga. Shalat Jamaah bisa memunculkan suasana saling kenal dan keterikatan batin serta kerjasama antara sesama umat islam. Situasi itu bisa melahirkan pembangunan masjid-masjid untuk tempat berkumpul umat islam yang melakukan shalat di dalamnya. (M. Lili Nur Aulia dalam Majalah Tarbawi edisi288 Th 11 Jumadil Akhir 1431/20 Mei 2010).

di jalan
di Jalan Universitas di London
di atap rumah
di atap kereta
di parkiran
di jalan di Barat
di pinggir danau
di atas kapal
di stasiun
walau di atas kursi roda
shalat di Masjid China
di hutan (from OSIT MII 2010)
di taman
tentara aja shalat jamaah
Masya Allah di toko pun berjamaah
di atas tembok..
Anak kecil aja shalat jamaah
di depan umum
di Thailand, minoritas islampun disediakan untuk shalat jamaah
di jalan
di taman kampus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar