Minggu, 25 Juli 2010

^Sudah pahamkah kita arti persahabatan?^

Bismillaah..


Saya atau siapapun tidak akan pernah bisa memahami arti sebuah persahabatan jika yang ada di benak kita bahwa sahabat adalah manusia sempurna..dia selalu ada untuk kita saat kita membutuhkan..yang selalu tahu bagaimana membuat kita tersenyum..yang selalu ingat saat kita bahagia dan tidak ingin kita bersedih dan menangis..yang selalu mengikuti setiap kata yang kita ucapkan..mengikuti setiap apa yang kita inginkan..






Bukan itu..sahabat lebih dari itu..sahabat adalah seseorang yang bila di sampingnya kamu merasa nyaman..yang selalu mampu menghadirkan senyum tapi berkata jujur ketika kamu ada di jalan yang salah..

Seorang sahabat adaLah seseorang yang dengan tegas akan berkata tidak saat engkau berkata dan melakukan sesuatu yang buruk..tidak hanya mendiamkanmu karena takut melihatmu menangis..dia akan jujur meski dia sadar akan melukaimu tapi semua itu adalah bukti kasih sayang dan perhatian untukmu..

Sahabat mencintai karena Alloh..bukan karena apa yang ada pada dirimu..dia hadir bukan karena kamu cerdas, berharta dan rupawan..sama sekali tidak..seorang sahabat akan hadir dalam kehidupan kita karena dia sadar bahwa kita adalah makhluk yang tidak bisa sendiri..suatu saat akan butuh sandaran..



Seorang sahabat juga mengerti bagaimana menjaga rahasiamu..aib-aibmu..dia tidak akan mencari peluang untuk mengetahui kesalahan dan keburukanmu meski dia tahu sangat mudah untuk mengetahuinya..kalaupun dia akhirnya tahu, maka dia akan merasa berat dan ketakutan karena sudah terlanjur mengetahuinya..dia takut akan meremehkan atau berlaku sombong saat tahu bahwa dia ternyata lebih beruntung darimu..

Sahabat adalah seseorang yang melupakan saat kamu pernah salah padanya..senantiasa sabar atas ketidaktahuanmu..sahabat tidak ingat bahwa kamu pernah menyakitinya karena yang dia tahu dan selalu tanamkan di hatinya bahwa kamu selalu punya alasan untuk itu, ingin kamu lebih dewasa..

Sahabat juga tidak meninggalkanmu ketika kamu tidak mengikuti keinginannya..sekali lagi sahabat tidak selalu mengingat kesalahanmu..dia akan menghapusnya seketika dan tidak membiarkan hatinya berprasangka..dia hanya selalu mengingat kebaikanmu..bagaimana besarnya kasih sayangmu terhadapnya..

Saudaraku, sahabat bukanlah seseorang yang rajin memberimu hadiah lalu meninggalkanmu bersama kenangannya..tapi sahabat adalah mereka yang bisa memahami keadaanmu, kesulitanmu, dan berusaha membawamu keluar darinya..dan..sahabat tahu saat dimana dia harus meminta maafmu dan saat dimana dia akan memaafkan kesalahanmu..

Sudahkah kita jadi sahabat yang tepat? Sudah tahukah kita apa tujuan kita menjalinnya? Lalu pernahkah kita kehilangan seorang sahabat?
Benarlah kata orang bahwa kita akan memahami arti keberadaan seseorang jika dia telah pergi dan menjauh..

Saudaraku, jika engkau mau jadi sahabatku, maka siapkan dulu kuburan dalam hatimu..galilah sedalam-dalamnya..lalu masukkan semua rahasia dan setiap aibku yang sudah kau ketahui..kubur semuanya sekuat tenaga agar tidak ada celah bagi orang lain untuk mengetahuinya..Satu lagi siapkan beribu-ribu maaf untuk setiap kelemahanku yang terlihat olehmu^^

Bumi BoRne0, 05 Juli ‘10
^Ummu Farros Safanah ^

1 komentar:

  1. benerkah ini...
    semoga apa yang telah engkau pilih bermanfaat dan mendapat ridho Allah Subhana...
    semoga apa yang pernah kita berikan baik berupa nasehat maupun apapun itu bisa menjadi manfaat untuk masa depan...
    hati2 dengan langkah2 kita...
    banyak sekali fitnah yang menghadang...
    masih ingatkah sahabat akan nasehat tentang fitnah yang kita berikan...?
    semoga engkau ingat....
    selamat jalan sahabatku...
    barakallahufiik...

    bagi yang tau, tolong sampaikan salamku pada beliau...

    BalasHapus