Rabu, 09 Juni 2010

Pentingnya pendidikan isalam

Pentingnya pendidikan isalam mungkin dapat dipahami secara baik jika memperhataikan kembali wahyu yang pertama yang turun kpd nabi Muhammad saw.kata pertama dari wahyu itu adalah iqra' yang berarti bacalah .
Iqra' adalh sebuah kata yang sagat menyeluruh.ayat ini telah memeritahkan nabi Muhammad saw dan pengikut beliau untuk membaca,menulis, memahami,berbagi menyebarkan dgn segala kemampuan yang di miliki.
Kata iqra' di ulangi? Pada wahyu pertama ini utk menekankan bobot pentingnya.
Adalah mengagungkan bahwa tujuan untuk megajar dan proses pelajaran di ucapkan sebagai sebaga 'qalam' atau pena.seseunggunya pena adalah suatu hadiah yang mulia dari allah swt kpd umat manusia.
Hanya manusia yang mendapat perlakuan kusus,kemampuan dan kehormatan utk menulis atau merekam pemikiran dan gagasan mereka.
Dgn cara ini umat manusia mendpat manfaat dr pekerjaan orang? Yg sebelumnya atau memariskan pekerjaan yg di capai oleh mereka kpd generasi yg akan datang.
Tentu saja rekaman audio dan video adalah alternative yang modern dari suatu pena.bagaimana dan sejak kapan kah proses belajar mengajar dimulai ? perlu diketahui bahwa perintah pertama kpd nabi Muhammad saw adalah memajukan pendidikan, seperti firman allah swt dalam surat "ash shuara 214"
وَأَنذِ رْعَِِيرَتَكَ اْلأَقْرَبِينَ"
Dan berilah peringatan kepada kerabat-kerabatmu yg dekat,
oleh krenanya,proses pendidikan harus dimulai dr kuluarga kt sendiri
pada kenyatannya ini merupakan cara yg dilakukan oleh seluruh nabi dan rasul .
allah swt juga berfiman kpd orang beriman dlm al qur,an."at tahrim 6".
يَأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُ اْ قُُوا أَنْفُسَكُمْ وَأَهْليِكُمْ نَارً"
Hai orang-orang yang beriman, peliharalah drmu dan keluargamu dr api neraka.
Para sahabat bertanya kpd nabi Muhammad saw,"bagaimana kt menyelamatkan keluarga kt dari api neraka ?'' rasulullah saw berkata "degan memberi mereka pendidikan islam."
Degan cara yg ssama allah swt telah memerintahkan kt dan keluarga kt untuk mendirikan sholat dgn sagat teratur."q s.toha 132"
وَأْمُرْ أَهْلَكَ بِالصَّلَوةِ وَاصَطَبِرْ عَلَيْهَا"
Dan perintahkan kpd keluargamu medirikan sholat dan bersabarlah kamu dalam mengerjakannya.
Karenanya pendidikan dan aplikasi harus didmulai dr keluarga? Kt sendiri.
pendidikan seperti ini akan mempunyai akar yg kuat karena angota keluarga lebih mengenali ketulusan kt dan usaha mulia lainya.
Oranglain mencap kt orang munafik atau gila.
Apkah tujuan yg paling utama dr nenek moyang kt di dalam hidup mereka ? dlm rangka mencari suatu jwban bagi pertanyaan ini, baikl;ah kita perhatikan peristiwa yg bersejarah ketika nabi ibrorim as membagun rumah allah swt di mekah.
Meyelesaikan tugas ini, mereka lebih merendahkan dirinya lagi dgn memanjatkan permohonan penting berikut ini, "q s.al baqorqh 128"
رَبّنَا وَاجْعَلْنَا مُسْلِمَينِ لَكَ وَمِنْ ذُ رِّيَّتِنَاَ أُمَّةً مُسْْلِمَةً لَّكَ وَأَرِنَا مَنَاسِكَنَا وَتُبْ عَلَيْنَا’أِنَّكَ أَنْتَ العَزِيزُ الْحَكِيمُ"
Ya tuhan kami,jadikan kami berdua orang yg tunduk atuh kpd engkau dan (jadikanlah)di antara anak cucu kami umat yg tunduk patuh kpd engkau dan tunjukkanlah kpd kami cara-cara
dan tempat? Ibadah haji kami, dan terimalah toubat kami Sesungguhnya engkau yg maha penerima taubat lagi maha penyayang.
Karenanya tujuan nenek moyang kita adlh untuk memperoleh pendidikan dan utk mengajarkan nya kpd anak? Mereka sehinga mereka bisa bersungguh-sunguh bersikap tunduk kpd kehendak allah swt.
Dlm rangka mencapai tujuan ini , mereka memanjatkan do,a yg historis ini,al baqaroh "129"
رَ بَّنَا وَابْعَثْ فِيهِمْ رَسُولاً مِّنْنْهُمْ يَتْلُواعَلَيْهِمْ ءَايَتِكَ وَيُعَلِّمُهُمُ الْكِتَبَ وَالْحِكْمَةَ وَيُزَكِّيهِمْ،إِنَّكَ أَنْتَ الْعَزِيزُالْحَكيمُ"
Ya tuhan kami,utulah utk mereka seorang rasul dari kalangan mereka,yg akan membaca kpd ayat-ayat engkau,dan mengajarkan kpd mereka al ktb (al qur,an) dan al hikmah (as-sunah) serta mensucikan mereka .
Sesungguhnya engkaulah yg maha perkasa lagi mahabijaksana .
Allah swt mengabulkan doa nenek moyang kita ini, dan megirim nabi Muhammad saw utk menyelesaikan tujuan pendidikan tersebut.
Perhatikan bahwa diantara semua karunia allah swt kpd umat manusia, kebaikan yg paling utama adlh memberi petunjuk kpd hambanya.
Allah swt mengingatkan kita atas kebaikan nya di dalam'' surat ali imron 164''
لَقَدْمَنَّ اللهُ عَلَى الْمُؤْ مِنِيْنَ إِذْ بَعَثَ فِيهِمْ رَسُوالاً مِّنْ أَنْفُسِمْ يَتْلُوا عَلَيْهِمْ ءَايَتِهِ,وَيُزَكِّيهِمْ وَيُعَلِّمُهُمُ الْكِِتَ وَالْحِكْمَةَ وَإِ نْ كَا نُواْ مِنْ قَبْلُ لَفِى ضَلَلٍ مُّبِينٍ"

Suguh allah telah membera karunia kpd orang-orang yg beriman ketika allah mengutus di antara mereka seorang rasul dari golongan mereka sendiri, yg membacakan kpd mereka ayat ayat allah,membersihkan (jiwa) mereka, dan mengajarkan kpd mereka al kitab dan al hikmah dan sesungguhnya sebelum (kedatangan nabi) itu. Mereka adlh benar? Dalam kesesantan yang nyata.
Mari kita teliti bagaimana nabi muhammad menyelesaikan sasaran dan tujuan ini. Nabi muhammad saw segera membagun masjid nabawi di madinah setelah hijrahnya dari mekah ke madinah .
Cukup lama masjid ini tdk beratap karena ketiadaan sumber daya keuangan. Para sahabat nabi muhammad saw shalat didalam masjid ini dibawah panas terik matahari dalam jangka waktu lama.
Kita mencatat bahwa pada waktu itu suatu ruangan di masjid itu telah dikususkan utk proses belajar mengajar.
Banyak dari para sahabat ygtinggal di ruangan ini siang dan malam.
Mereka tdk hanya melakukan kegiatan belajar megajar saja tetapi juga makan dan tidur disana.
Dr. Hameedullah menyebutnya sebagai suatu universitas pesanteren.
Mari kita lihat bagaimana universitas ini beroperasi pada waktu itu.
Kita mencatat bahwa sekali waktu saad bin ubada ra mengundang delapan puluh siswa dari dari universitas ini utk di undangmakan malam .
Ini menujukan bahwa banyaknya jumplah siswa adalh sagat besar dan orang? Kaya membantu institusi dalam cara apapun yg mereka mampu.
Kita juga mencatat bahwa muadh bin jabal ra memberikan terlalu banyak derma sehingga terlibat hutang. Oleh kerena itu ia harus menjual rumah nya untuk membayar hutangnya.sehinga dia tdk mempunyai tempat tinggal.kerena keadan ini ia hrs tinggal di universitas ini.
Tetapi bagaimanapun,ia tdk mau menjadi beban yg takperlu bagi universitas itu.
maaf ''bersambung''

Tidak ada komentar:

Posting Komentar